Cara Mudah Mencegah Penyakit Tumor Ganas Pada Anak

Penyakit Tumor – Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bahkan bisa terserang penyakit tumor jinak dan tumor ganas atau kanker. Bahkan pula faktanya saat ini jumlah anak yang terserang kanker semakin meningkat. Dan biasanya yang menjadi faktor penyebab kanker atau tumor ganas pada anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa.

kanker-pada-anak

Meskipun demikian, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mencegah penyakit tumor ganas pada anak. Seperti cara di bawah ini:

1. Tidak merokok
Apabila tidak bisa untuk berhenti merokok, tapi setidaknya jangan meroko dekat anak. Merokok dekat anak hanya akan membuat mereka menjadi perokok pasif. Selain itu, merokok di dekat anak juga bisa jadi anda memberikan contoh mereka untuk merokok. Perokok pasif dan perokok aktif lebih beresiko terserang kanker paru-paru. Untuk hal ini, sebaiknya jangan merokok, baik itu di depan anak ataupun di tempat umum lainnya.

2. Kurangi susu sapi
Menurut beberapa penelitian, susu sapi dan produk susu lainnya yang berkaitan dengan peningkatan resiko kanker. Seperti misalnya keju, pizza, dan susu yang bisa meningkatkan resiko kanker. Untuk itu, sebaiknya jangan beri terlalu banyak anak susu sapi atau produk susu lainnya.

3. Berikan anak ASI
Dengan menyusui anak lebih dari enam bulan atau setidaknya sembilan bulan diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Karena selain bisa mencegah anak dari penyakit kanker, beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa menyusui anak lebih lama bisa menghindarkan ibu dari penyakit kanker payudara.

4. Ajarkan anak gaya hidup yang sehat
Gaya hidup yang sehat berarti fondasi yang kuat untuk menjaga kesehatan anak dan menghindarkan anak dari penyakit kanker. Para orang tua harus memberi contoh seperti apa gaya hidup yang sehat pada anaknya, seperti salah satu contohnya yakni mengkonsumi sayur dan buah, atau berolahraga secara teratur. Buah dan sayur yang mengandung vitamin dan antiosidan tinggi bisa membantu anak menangkal penyakit kanker. Penelitian juga mengungkapkan bahwa anak yang sering mengkonsumsi buah memiliki resiko lebih kecil terkena kanker.

5. Menjaga berat badan anak
Perhatikan juga berat badan anak, jangan sampai anak menjadi kelebihan berat badan dan mengalami obesitas. Study mengungkapkan bahwa anak yang kelebihan berat badan dan obesitas lebih memungkinkan anak mengalami penyakit kanker dibandingkan dengan anak yang memiliki berat badan ideal.

6. Kurangi asupan garam dan gula
Jika terlalu banyak mengkonsumsi garam maka bisa meracuni sel sehat. Sementara gula ini bisa menjadi makanan bagi sel kanker. Untuk itu, sebaiknya kurangi asupan gula dan garam pada makanan anak-anak.

7. Rumah yang bahagia
Jadikanlah suasana di rumah menjadi menyenangkan setiap harinya. Karena Stress dan depresi bisa menjadi pemicu munculnya kanker, sementara rasa bahagia atau tertawa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, buatlah suasana rumah menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa membahagiakan anak-anak kita.

8. Jangan tinggal di dekat jalan raya
Penelitian dari Internasional Leukimia Conference menjelaskan bahwa anak yang tinggal di dekat jalan raya atau pom bensin memiliki besar kemungkinan terserang penyakit kanker seperti leukimia lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang jauh dari jalan raya atau pom bensin.

9. Tidak menggunakan pestisida
Dan yang terakhir yaitu tidak menggunakan pestisida di rumah atau anda memberi kemungkinan anak untuk terserang paparan pestisida. Study menunjukkan bahwa jika anak terkena paparan pestisida bisa meningkatkan resiko kanker pada anak, seperti leukimia atau kanker otak. Selain itu, jangan pula menggunakan produk yang mengandung racun atau yang memiliki bau yang menyengat ketika hamil.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu anda untuk melakukan pencegahan kanker pada anak. Dan yang terpenting ialah mengajarkan anak untuk hidup sehat dan selalu aktif untuk mencegah kanker pada anak. Semoga Bermanfaat:))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *