Kenali 7 Ciri Ciri Tumor Payudara Yang Patut Diwaspadai

Tumor Payudara

Tumor Payudara

Ciri Ciri Tumor Payudara – Payudara merupakan organ yang sangat penting bagi wanita. Dan salah satu yang ditakutkan yaitu terdapat benjolan pada sekitar payudaranya. Pasti yang ada dibenak wanita ketika mendapati benjolan merupakan ciri awal dari tumor atau kanker. Meskipun sebagian besar ada yang bersifat jinak namun perlu adanya pencegahan tumor payudara yang berubah menjadi kanker sehingga pengetahuan sangat dibutuhkan tentang apa saja ciri – ciri dari tumor payudara. Sebagai seorang wanita tentunya harus mewaspadai tentang penyakit tumor payudara ini, pasalnya wanita lebih beresiko terkena tumor payudara daripada laki – laki. Terlebih lagi, wanita yang sedang dalam usia produktif lebih rentan terhadap kanker payudara. Maka dari itu dibawah ini merupakan 7 ciri dari tumor payudara :

Ciri – Ciri Tumor Payudara

  1. Terdapat benjolan pada sekitar payudara. Ini merupakan ciri umum dari penyakit tumor payudara ini. Biasanya benjolan tersebut tidak hanya pada bagian payudara saja tetapi bisa juga pada bagian ketiak.
  2. Terdapat kerutan pada bagian payudara. Ciri kedua yaitu munculnya kerutan pada sekitar payudara. Lalu bagaimana perbedaannya dengan payudara yang sudah tua? Bedanya terletak pada kerutannya, tumor payudara biasanya memiliki kerutan yang lebih kasar dan menghitam.
  3. Perubahan bentuk dari payudara. Terjadinya perubahan bentuk pada payudara merupakan ciri lain dari tumor payudara ini. Ukuran payudara ini bisa menjadi menyusut tanpa ada sebab.
  4. Terasa sakit pada payudara. Ciri ke empat yaitu terasa nyeri pada bagian payudara. Ini seperti ketika seorang wanita mengalami menstruasi atau ketika sedang hamil yang biasanya menderita sakit pada bagian payudara. Perbedaanya ketika sakit pada payudara ini merupakan gejala tumor maka biasanya sakit tersebut terjadi secara berkala.
  5. Kulit payudara terasa panas dan seperti terbakar
  6. Payudara mengeluarkan cairan dari putingnya. Pada dasarnya wanita mengeluarkan air susu itu setelah melahirkan. Namun pada pasien tumor payudara, secara tiba – tiba bisa mengeluarkan cairan dari puting payudara. Cairannya juga bisa mirip dengan cairan susu, biasanya berupa cairan yang encer dan berwarna putih.
  7. Ketika sudah mencapai tahapan kanker maka bisa mengeluarkan cairan seperti darah dan berbau busuk.

Apabila anda mengalami ciri – ciri seperti yang disebutkan diatas, jangan ditunda lagi..! harus segera melakukan pemeriksaan sebagai cara untuk mencegah dan mengobati penyakit tumor tersebut.  Ciri – ciri diatas hanya sebatas di sekitar payudaranya saja, belum termasuk gejala lain seperti pasien tumor payudara merasakan sesak nafas, mual – mual, batuk, tubuh lemas sehingga mengakibatkan kehilangan nafsu makan dan berat badan menjadi turun secara drastis.

Baca Juga : Obat Tumor Lambung

Posted by : Ahli Pengobatan Tumor Ganas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *