Fakta-Fakta Tumor Fibroid Yang Belum Banyak Diketahui

Obat Tumor | Seringkali kaum wanita mengabaikan kesehatan mereka mengenai dengan organ intim. Bahkan ada banyak yang belum mengetahui apa saja penyakit berbahaya yang bisa menyerang organ kewanitaan, seperti salah satu contohnya miom atau tumor fibroid. Padahal lebih dari 70% wanita bisa mengalami penyakit yang menyerang organ kewanitaannya.

Miom juga menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh wanita. Tapi masih belum banyak yang mengetahui fakta-fakta tentang tumor fibroid  ini.

Fakta-Fakta Tumor Fibroid Yang Belum Banyak Diketahui

fakta-penyakit-miom

Tumor Fibroid Merupakan Salah Satu Penyakit Umum
Yang dimaksud dengan penyakit umum ialah karena seringnya penyakit ini terjadi pada wanita. Salah satu penelitian menemukan 70-80% wanita yang sudah mencapai usia 50 tahun ke atas mengalami miom atau tumor fibroid ini. Banyak juga wanita yang bahkan terkena miom ketika berusia 40 tahunan.

Miom Bukan Termasuk Kanker
Karena miom atau fiborid ini merupakan tumor yang tidak berkembang menjadi kanker. Tetapi miom ini memberikan gejala yang hampir sama dengan kanker uterus langka yang disebut dengan sarcoma. Dan juga miom bisa diangkat dengan jalan operasi.

Banyak wanita Yang Tidak Menunjukkan Gejala
Miom ini bisa terjadi pada setiap wanita tapi tidak menunjukkan gejala yang aneh, artinya ini memerlukan penanganan medis. Tapi selama tidak menimbulkan ketidaknyamanan terhadap tubuh, kamu tidak memerlukan pengobatan untuk miom ini.

Penyakit Miom Bisa Membuat Wanita Melakukan Pengangkatan Rahim
Meskipun tumor fiborid ini termasuk tumor jinak, tapi ada 200.000 kasus miom di Amerika diikuti dengan keputusan histerektomi atau pengangkatan rahim. Keputusan ini tergantung dari seperti apa kondisi miom yang sudah menjalar pada area rahim, ini karena miom seringkali menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Tidak Selalu Berkahir Dengan Pengangkatan Rahim
Karena ada banyak penanganan medis dan terapi yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan rahim tanpa harus mengangkatnya. Seperti misalnya terapi ultrasound, treatment hormon, laser dan lain sebagainya.

Penderita Miom Masih Bisa Hamil
Meskipun banyak wanita yang bisa hamil setelah pengangkatan miom, ada juga beberapa wanita yang akan menghadapi sulit untuk hamil. Beberapa jenis miom berbeda bisa memperkecil ukuran dan bentuk rahim, kadang-kadang itulah alasan dokter menyarankan operasi cecar untuk wanita yang pernah mengalami miom.

Gejala Umumnya Ialah Menstruasi Yang Panjang dan Berat
Kebanyakan penderita miom akan mengalami menstruasi yang menyakitkan dan berat. Ini bisa jadi pendarahan berjalan dengan deras yang terkadang keluar gumpalan darah. Situasi ini seringkali diikuti dengan kram pada area bawah perut, pinggang, dan bahkan rasa sakit ketika buang air kecil atau ketika berhubungan intim.

Belum diketahui Apa Penyebab Utamanya
Masih belum diketahui apa penyebab utama munculnya miom. Dan diduga miom ini dipengaruhi oleh tidak stabilnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Terlebih ini seringkali terjadi pada wanita usia di atas 40-50 tahunan.

Orang Asia Lebih Kecil Beresiko Terserang Kanker
Meskipun tidak ada yang tahu kapan miom akan menyerang, tapi sepertinya sebagai warga Asia kita sedikit beruntung, karena wanita ras Afrika-Amerika lah yang memiliki potensi lebih besar untuk terserang miom jika dibandingkan dengan wanita Asia.

Itulah beberapa fakta tumor fibroid yang menjadi alasan bahwa wanita harus hati-hati dengan tumor satu ini. Semoga Bermanfaat :))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *