Tumbuhan Ganja Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor

Zat Aktif Yang Terkandung Dalam Ganja

manfaat ganja

Tumbuhan Ganja Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor – Ganja merupakan jenis tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini merupakan barang yang ilegal menurut hukum di Indonesia. Orang yang tertangkap tangan mempunyai atau menghisap ganja bisa dijerat dengan Hukum yang berlaku di Negara kita ini. Ganja sendiri dikenal dengan obat terlarang yang dapat mengubah pikiran, atau sebagai penenang pikiran. Namun apakah anda tau efek positif yang diperoleh dari menghisap ganja terutama pada penyakit tumor?

Sebuah Studi dilakukan oleh ahli saraf di University of California, San Diego pada tahun 1992 yang berlangsung selama satu setengah tahun. Penelitian tersebut difokuskan pada kelompok orang yang menghisap ganja dari umur 16 sampai dengan umur 20 tahun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan kesehatan jaringan otak dari orang yang menghisap ganja itu.

Kandungan dalam ganja yaitu Tetrahydrocannabinol ( THC ) adalah salah satu zat yang memiliki sifat anti tumor/ kanker. Pada tahun 2009, seorang peneliti lain di Complutense University dari Spanyol mengemukakan bahwa THC dapat menginduksi kematian sel – sel kanker otak atau disebut dengan autophagy. Hal tersebut dapat berdampak positif bagi pasien penderita tumor, karenda apat menurunkan pertumbuhan tumor. Para peneliti ini menggunakan tikus sebagai bahan percobaan dan ketika tumor ditargetkan dengan dosis THC , mereka menemukan bahwa pertumbuhan sel tumor tersebut menurun.

Baca Juga : Terapi Medis Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang

THC yang merupakan komponen utama ganja memiliki sifat anti kanker dimana senyawa ini termasuk dalam golongan sel yang disebut dengan cannabinoid, kata DR. Peter McCormick dari UEA School of Pharmacy. Dengan hasil yang didapat, dia menyimpulkan bahwa pemakaian ganja ini sangat penting untuk dunia medis dan sebagai solusi untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Lalu Mengapa Pasien Tidak Mengobati Tumor Sendiri Dengan Menggunakan Ganja?

Penelitian tersebut menggunakan senyawa kimia yang terisolasi dan menggunakan konsep juga data yang benar. Jadi pasien tidak boleh mengobati tumor sendiri dengan menggunakan ganja, karena harus didampingi dengan dokter spesialis ahli. Hal tersebut supaya dosis yang digunakan tidak salah dan tidak menimbulkan efek samping pada pasien. Tanaman obat tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena zat aktif didalamnya bisa berbahaya bagi kesehatan apabila tidak digunakan sesuai anjuran dokter.

Posted by : AhliTumor.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *