Hati-hati Jika Mengidap Tumor Rahim Saat Hamil

Obat TumorWanita Hamil Dengan Tumor Rahim | Salah satu tumor yang menjadi momok bagi kaum wanita ialah tumor rahim. Dengan membayangkan akan diangkatnya rahim dan kecilnya kemungkinan untuk memiliki anak menjadi ketakutan yang sangat besar. Padahal seorang wanita masih bisa hamil meskipun ada tumor dalam rahimnya.

tumor rahim saat hamil

Wanita yang memiliki tumor rahim memang ada kemungkinan untuk mengalami gangguan selama masa kehamilan dan persalinan. Tapi anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini. Kebanyakan wanita yang memiliki tumor rahim akan menjalani masa kehamilan yang normal, tapi ada juga masalah yang akan dialami ibu hamil dengan tumor rahim diantaranya :

Persalinan Sesar
Ibu hamil dengan tumor rahim besar kemungkinan akan melahirkan dengan cara operasi sesar 6x lebih besar darai pada ibu hamil yang tidak memiliki tumor rahim.

Posisi Bayi
Pada saat memasuki kelahiran, bayi tidak pada posisi siap lahir. Karena hal inilah yang membuat ibu hamil dengan tumor rahim harus menjalani operasi sesar.

Plasenta Lepas
Plasenta lepas dari dinding rahim sebelum anda melahirkan. Hal ini akan menyebabkan janin tidak mendapat oksigen dan jika hal ini terjadi bayi pun harus dilahirkan secara prematur agar bayi bisa diselamatkan.

tumor di ovarium

Meskipun terdapat gangguan-gangguan tersebut, anda tetap bisa menjalani masa kehamilan sebagaimana mestinya. Ketika seseorang didiagnosis ada tumor dalam rahim anda, maka anda harus rutin memerikasakan kondisi kehamilan anda pada dokter yang menangani kehamilan. Dengan demikian anda bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik untuk anda dan janin anda.

Sampai saat ini belum diketahui jelas yang menjadi penyebab tumor rahim. Selama ini masih diduga bahwa penyebabnya karena adanya gangguan hormon yakni ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesterone. Untuk itu tumor biasanya tumbuh dengan cepat saat seseorang sedang hamil, saat kadar hormon tinggi. Dan tumor akan berhenti tumbuh dan menyusut saat seorang memasuki masa menopouse.

Kebanyakan tumor rahim tidak memberi gejala, tapi anda harus waspada ketika hal-hal yang tidak biasa terjadi, seperti pendarahan atau flek pada periode bukan menstruasi, sakit saat berhubungan badan, sakit pada area perut bawah, nyeri pinggul, sering buang air kecil dan terjadi pembesaran di perut bagian bawah. Tanda-tanda tersebut bisa saja akibat dari adanya tumor di rahim. Segera kunjungi dokter dan jalani pemeriksaan yang disarankan. Tumor Rahim hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan seperti MRI, x-rays, CT scan dan dengan gelombang suara. Semoga Bermanfaat :))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *