Kenali Macam-macam Penyakit Kutil Yang Menyerang

Ahli Tumor | Mengenal penyakit kutil (Tumor Jinak). Kutil disebut juga dengan istilah ilmiahnya yakni Veruka atau Papilloma yakni suatu pembengkakkan karena adanya infeksi pada kulit terluar. Pada umumnya penyebab penyakit ini ialah virus papilloma manusia atau dengan istilah singkatan yakni HPV.

Kutil seperti yang kita kenal ini termasuk jenis Tumor, tapi masih pada kategori tumor jinak. Penyakit ini tidak terlalu berbahaya atau tidak bersifat ganas dan biasanya tumbuh di area tangan dan kaki. Tetapi, ada juga kutil yang bisa menular pada orang lain seperti penyakit kutil yang terjadi pada bagian kelamin pria ataupun wanita.

Kutil yang disebabkan oleh virus ini sebelum tumbuh dan berkembang baik pada tubuh ini ternyata virus tersebut sudah tinggal di tubuh kita selama kurang lebih 6 bulan. Dan yang paling berbahaya dari kutil kelamin ialah kutil yang menyerang rahim dan leher rahim wanita. Nah untuk para wanita harus ekstra hati-hati dan tetap menjaga kebersihan area kewanitaanya yahh.

penyakit kutil

Jenis-jenis Penyakit Kutil

Kutil Genital / Kutil Kelamin
Ini disebabkan oleh HPV jenis 6, 11, 16 dan 18. Kutil jenis ini berkembang biak dan terjadi karena sexs bebas di kalangan masyarakat yang berakibat terinfeksi virus ini.

Veruka Plana / Kutil datar
Disebabkan oleh virus HPV jenis 3 dan 10, yakni yang berbentuk sedikit tinggi yang pada umumnya berukuran 3mm dengan warna yang beragam dari coklat atau merah muda. Kutil jenis ini banyak terjadi pada area wajah, lengan dan lutut. Dan bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh sampai pada bagian kulit kepala.

Kutil Mosaik
Kutil ini terbentuk dari beberapa kutil yang menyatu sampai membentuk gumpalan atau plak yang besar dan lebar.

Kutil Biasa
Kutil biasa ini disebabkan oleh HPV jenis 2 dan 4 yang sering muncul pada bagian jari, tangan, wajah, lutut, dan siku. Bentuknya permukaan kasar dan tidak beraturan.

Kutil Plantar
Kutil yang disebabkan oleh virus HPV jenis 1 yang disertai dengan munculnya warna kemerahan pada permukaan telapak kaki, karena beban tubuh yang terus menerus, dan kadangkala terasa nyeri atau pedih. Kutil ini juga bisa tumbuh di telapak tangan.

Mengatasi Penyakit Kutil

Untuk mengatasi penyakit kutil, ada dua langkah yakni dengan operasi atau dengan cara tradisional dan alami. Dengan cara operasi jelas membutuhkan biaya yang cukup besar dan cukup menyita banyak waktu. Sedangkan dengan cara tradisional dan alami ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tapi untuk jenis kutil ringan dan tidak terlalu berbahaya, sebaiknya dengan menggunakan bahan alami seperti kulit pisang, buah biji jali, Daun dewa, Kapur sirih dan sabun colek yang pastinya tidak memerlukan biaya yang besar dengan kesembuhan yang maksimal.

Itulah pembahasan mengenai Penyakit Kutil. Semoga Bermanfaat:))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *