Penyakit Tumor Otak Dan Ciri Cirinya

Penyakit Tumor Otak

penyakit tumor otak

Penyakit Tumor Otak Dan Ciri Cirinya – Otak merupakan bagian penting dalam tubuh manusia. Apabila dalam otak terdapat tumor baik itu jinak ataupun tumor ganas tentu akan sangat berpengaruh terhadap fungsi dari organ tubuh lainnya. Tumor sendiri diartikan sebagai adanya pertumbuhan sel yang tidak wajar pada bagian organ tubuh termasuk otak. Meskipun pada awalnya pasien mengalami tumor jinak pada bagian otaknya, namun hal tersebut bisa mengakibatkan tumor yang semakin berbahaya hingga menyebabkan tumor ganas ( kanker ).

Tumor otak sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu ada tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Perbedaan tersebut disebabkan oleh pertumbuhan awal pada sel otak. Berikut penjelasan mengenai jenis penyakit tumor otak

1. Tumor Otak Primer

Tumor otak primer merupakan jenis tumor yang jarang sekali terjadi. Pertumbuhan sel tumor pada otak terjadi akibat adanya sel yang tadinya normal kemudian mengalami kesalah mutasi. Hal tersebut menyebabkan sel terus tumbuh dan membelah diri.Sel – sel tersebutlah yang lama kelamaan membentuk tumor. Ada beberapa jenis dariĀ  penyakit tumor primer ini seperti meningioma, pinoblastoma, dll.

2. Tumor Otak Sekunder

Tumor otak sekunder terjadi karena adanya sel tumor yang tumbuh pada organ tubuh lain kemudian menyebar ke bagian otak. Biasanya jenis penyakit ini menyerang pada orang yang mempunyai riwayat utmor dan kebanyakan orang yang mengidap tumor otak dari jenis ini sebelumnya mengalami kanker payudara, kanker usus, dan kenker lainnya.

Ciri Ciri Penyakit Tumor Otak

Penyakit tumor dikategorikan menjadi 4 tingkatan mulai dari tingkat 1 sampai tingkat 4. Kategori tersebut didapat dari segi kondisi tumor, pertumbuhan dan penyebarannya. Maka dari itu sekarang saya akan membahas apa sebenarnya ciri – ciri dari penyakit tumor otak.

  • Daya Tahan Tubuh Lemah

Fungsi dari otak yaitu sebagai pengendali organ tubuh manusia, apabila pada daerah otak terdapat tumor maka otomatis akan mengganggu kinerja dari otak itu sendiri sehingga akan berpengaruh terhadap organ tubuh. Otak yang terganggu mengakibatkan tubuh menjadi lemah bahkan bisa mengalami lumpuh dan stroke.

  • Gangguan Penglihatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tumor akan merusak organ tubuh lainnya termasuk pada syaraf. Imbasnya penglihatan akan terganggu karena syaraf pada daerah mata terkena efek dari penyakit tumor otak ini.

  • Gangguan Pendengaran

Selain gangguan penglihatan, tumor otak juga dapat mempengaruhi pendengaran pasien karena menyerang saraf pendengaran manusia.

  • Sakit Kepala

Ini merupakan ciri ciri umum yang paling sulit untuk dideteksi. Karena penyakit sakit kepala merupakan penyakit yang sangat lumrah di masyarakat kita. Dengan demikian ketika pasien tumor otak mengalami gejala awal sakit kepala maka akan membiarkannya dan merasa hal tersebut tidak berbahaya. Hal yang perlu di ingat bahwa gejala sakit kepala untuk penderita tumor otak ini berbeda dengan sakit kepala biasa. Sakit kepala pada pasien tumor otak berlangsung lama dan disertai dengan gejala lain seperti mual dan muntah. Oleh sebab itu apabila ada seorang yang mengalami gejala serperti diatas harap untuk diperiksakan kepada ahli medis sebagai pencegahan dini penyakit tumor otak.

Baca Juga : Tumbuhan Ganja Ternyata Dapat Menghambat Sel Tumor

Selain gejala diatas ada beberapa gejala lain terjadi pada pasien tumor otak dalam segi mental dan perilaku seperti sering berhalusinasi, mudah marah dan cenderung bersikap tidak peduli dan perubahan karakter. Ketika pasien penderita tumor otak sudah masuk ke dalam fase yang parah maka bisa mengalami kejang – kejang / epilepsi. Maka dari itu segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gejala seperti disebutkan diatas.

Posted by : ahlitumor.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *