Penyakit Tumor Telinga Jinak Dan Ganas

Penyakit Tumor | Tumor Telinga ganas meskipun jarang terjadi tapi harus segera ditangani sedini mungkin karena hal ini bisa mengancam jiwa seseorang. Gejala tumor telinga yang begitu halus selalu saja tidak diketahui oleh orang awam, yang akhirnya pada saat tumor mencapai tahap akhir akan sangat sulit untuk mengobatinya dan akan menyebabkan banyak gejala yang parah.

Tumor telinga bisa terbentuk di setiap bagian telinga dalam atau luar telinga. Daerah yang paling umum ialah daerah belakang telinga, dalam saluran telinga, dan juga pada daun telinga. Tumor jinak tidak memberikan gejala tapi penting untuk menghilangkannya, karena bisa berubah menjadi ganas setelah beberapa waktu setelah jinak.

Tumor telinga

Penyebab Tumor Telinga

Penyebab tumor telinga ini pada umumnya masih belum diketahui, tapi beberapa ahli menemukan beberapa hal yang berkaitan. Ketika minyak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit terlalu berlebihan, maka minyak akan terakumulasi bersama dengan sel-sel kulit mati yang akan membentuk tumor baik itu jinak ataupun ganas. Penyebab lainnya bisa karena pertumbuhan tulang telinga yang berlebihan, dan juga paparan air dingin diketahui bisa menyebabkan tumbuhnya tumor jinak pada saluran telinga.

Gejala Tumor Telinga

Gejala yang paling menonjol dari penyakit tumor telinga ini yakni adanya benjolan kecil pada kulit. Benjolan ini biasanya terasa lembut dan bisa mengalami beberapa perubahan dalam penampilannya. Dalam beberapa kasus, benjolan ini akan tumbuh lebih besar lagi dan malah sebaliknya. Benjolan pada telinga ini mudah diamati dan dirasakan oleh tangan atau jari kita sendiri. Gejala lainnya seperti ketidaknyamanan dan ada rasa sakit pada telinga. Sakit pada telinga ini bisa menjadi lebih parah, tajam, kronis dan mungkin akan disertai dengan bengkak dan warna kemerahan pada telinga. Apabila kista, telinga bisa mengeluarkan nanah atau juga cairan tertentu.

Gejala yang lebih berbahaya lagi ialah akan kehilangan pendengaran secara bertahap. Banyak juga orang yang menderita tumor telinga jinak mengeluh akibat gangguan pendengarannya yang bersamaan dengan rasa sakit. Untuk itu, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan periodik agar bisa mendiagnosa masalah tersebut sedini mungkin.

Diagnosa dan Pengobatan Tumor Telinga

Ada banyak cara untuk mendiagnosa penyakit tumor telinga ini. Seperti yang pertama dengan mengamati kanal telinga, dokter bisa mengamati kanal telingan dengan menyeluruh untuk melihat kista pada bagian telinga dan melakukan audiometri untuk memeriksa kapasitas pendengaran. Dokter juga bisa saja menyarankan untuk melakukan CT scan. Jika orang tersebut terdiagnosis kista atau tumor, maka dokter akan memeriksa kembali apakah tumor tersebut jinak atau ganas. Jika jinak dan tidak mempengaruhi seseorang maka tidak ada perawatan yang dilakukan lebih menyeluruh. Dan jika tumor jinak tersebut bisa menyebabkan infeksi, dokter akan memberikan resep antibiotik sampai infeksi tersebut sembuh total. Tapi jika ganas, maka harus diangkat dengan melalui prosedur pembedahan.

Karena Gejalanya yang tidak terlalu menonjol, maka disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin termasuk telinga, untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi. Semoga Bermanfaat:))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *