Siklus Menstruasi Tidak Lancar? Hati Hati Gejala Tumor

Penyakit Tumor | Setiap bulannya kaum perempuan memiliki siklus menstruasi. Siklus ini bisa terjadi dengan teratur, tapi banyak kasus dimana menstruasi justru muncul dengan sangat terlambat atau bahkan sangat cepat. Jika menstruasi datang dengan waktu yang tidak tepat, bisa saja menjadi indikasi adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Selain itu, warna darah dan rasa nyeri pada perut yang berlebihan juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada siklus menstruasi.

siklus-menstruasi

Terkadang menstruasi bisa terjadi dengan tidak normal dimana pendarahan berat yang biasanya terjadi hanya datang sekali atau beberapa kali sepanjang periode menstruasi. Selain menjadi menstruasi lebih sakit, hal ini juga bisa menjadi tanda adanya kondisi fibroid atau polip serviks. Fibroid atau polip serviks merupakan Tumor jinak dimana fibroid tersebut tumbuh pada rahim, dan polip serviks berada pada saluran leher rahim. Keduan tumor ini muncul karena kadar hormon estrogen yang tidak seimbang. Dan jika menstruasi disertai dengan rasa sakit dan kram perut yang hebat, maka bisa jadi hal ini ialah gejala dari endometriosis dimana hormon estrogen mempengaruhi peradangan dalam jaringan rahim.

Banyak juga wanita berpikir jika menstruasi datang terlambat, maka ia sedang mengalami kelelahan atau stress berat. Padahal jika kondisi kondisi tersebut sering terjadi bisa jadi merupakan tanda dari penyakit kista ovarium atau kista indung telur. Kista sendiri merupakan benjolan yang dipenuhi dengan cairan di dalam area indung telur dan bahkan bisa menyebabkan pendarahan. Kista inilah yang membuat siklus masa subur wanita menjadi kacau tidak teratur. Dan selain karena kista, siklus menstruasi yang kacau juga bisa dipengaruhi oleh kadar gula dalam darah dan adanya gejala penyakit diabetes. Hormon insulin yang tidak memproses metabolisme gula darah akan membuat siklus menstruasi menjadi kacau.

Beberapa wanita juga melaporkan siklus menstruasi yang sangat terlambat bahkan sampai berbulan-bulan lamanya meskipun mereka tidak sedang dalam kondisi hamil. Lalu apa yang terjadi? Beberapa pakar kesehatan berpendapat bahwa berhentinya siklus menstruasi ini bisa menjadi gejala dari masalah fungsi ovarium, penyakit hipotiroid atau bahkan tumor otak. Untuk itu, segera periksakan diri anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan siklus menstruasi bisa kembali normal. Semoga Bermanfaat :))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *