Terapi Medis Pada Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang

Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang

penyakit tumor sumsum tulang belakang

Terapi Medis Pada Penyakit Tumor Sumsum Tulang Belakang – Tumor sumsum tulang belakang dipicu oleh penyebaran tumor dari organ tubuh lain seperti ginjal, payudara, paru-paru,prostat, dan usus. Tumor bisa disebut dengan penyakit kanker apabila sudah mengalami fase yang parah/ ganas. Sedangkan tumor yang tidak termasuk ke dalam jenis kanker disebut dengan tumor jinak.

Gejala yang ditimbulkan tumor pada sumsum tulang belakang yaitu terjadi nyeri punggung yang hebat. Namun tidak semua gejala nyeri di daerah punggung merupakan tanda awal dari penyakit tumor sumsum tulang belakang karena gejala dari tumor ini biasanya terjadi secara inten ( dalam jangka waktu yang panjang ). Meskipun penderita tumor ini istirahat namun nyeri yang diderita pada punggung tidak berkurang. Hal tersebutlah yang harus diwaspadai dan segera konsultasikan kepada dokter ahlinya.

Gejala lain dari tumor ini biasanya setelah mengalami nyeri punggung yang hebat kemudian terjadi penurunan berat badan yang signifikan. Dalam jangka panjang, penyakit tumor ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk berjalan dan sulit mengontrol organ tubuh lainnya. Organ tubuh yang sulit untuk dikontrol biasanya terjadi pada saat buang hajat atau buang air kecil. Tumor pada sumsum tulang belakang akan menekan saraf sehingga pasien akan mengalami sulitnya untuk mengontrol organ tubuh.

Pertumbuhan tumor sumsum tulang belakang cenderung sangat cepat. Apabila seseorang terkena tumor sumsum tulang belakang secara tiba tiba bisa menyebabkan kelumpuhan mendadak.

Terapi Medis Tumor Sumsum Tulang Belakang

terapi medis penyakit tumor sumsum tulang belakang

Ketika penderita tumor dibawa ke Rumah Sakit, dokter spesialis biasanya memberikan beberapa pilihan mengenai metode yang digunakan untuk pengobatan tumor sumsum tulang belakang. Berikut ini adalah terapi medis untuk mengobati penyakit tumor sumsum tulang belakang

1. Operasi

Di era modern ini sudah banyak berkembang teknologi mutakhir seperti pada peralatan medis. Terapi operasi untuk pasien penyakit tumor sumsum tulang belakang dilakukan dengan menggunakan alat bedan dan teknologi seperti aspirator ultrasoni dan laser yang digunakan untuk memperluas peranan operasi sebagai intervensi. Para dokter bedah melakukan operasi untuk mengurangi tekanan dan rasa sakit, merekontruksi dan menstabilkan tulang belakang pasien.

2. Terapi Radiasi

Pada beberapa kasus, kebanyakan dari pasien tumor sumsum tulang belakang tidak memerlukan terapi radiasi. Namun terapi ini dapat digunakan untuk mengobati sumsum tulang belakang akibat sel tumor yang telah menyebar dari organ tubuh lain. Terapi radiasi ini dilakukan untuk pasien penderita tumor sumsum tulang belakang kelas rendah / tumor jinak. Hal tersebut karena daerah sumsum tulang belakang sangat sensitif terhadap efek radiasi.

Untuk sekarang ini sudah ada teknologi canggih yang disebut cyber knife. Teknologi ini menggunakan tangan robot dan mengeluarkan sinar yang terfokus pada radiasi. Biasanya teknik ini dilakukan untuk penderita penyakit sumsum tulang belakang yang tidak dapat diobati dengan teknik radiasi lainnya.

3. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan istilah yang tidak asing lagi di telinga masyarakat. Pengobatan tumor sumsum tulang belakang dengan kemoterapi yaitu dengan menggunakan obat – obatan untuk menghancurkan sel – sel dari kanker. Metode kemoterapi tidak hanya berupa mengonsumsi obat saja tetapi bisa juga dengan cara penyuntikan ke dalam pembuluh darah/ otot. Namun metode pengobatan dengan cara kemoterapi biasanya berangsur lama karena harus melalu beberapa tahap serperti, periode perawatan, pemulihan , pengobatan dll.

Posted by : ahlitumor.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *