Tumor Atau Kanker ? Ini Perbedaannya !

Kenali Perbedaan Antara Tumor Dan Kanker

Perbedaan Tumor dan Kanker

Perbedaan Tumor dan Kanker – Tumor atau kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti karena termasuk penyakit yang mematikan. Namun faktanya banyak yang tidak mengetahui perbedaan dari dua penyakit ini. Seringkali orang berasumsi bahwa tumor dan kanker merupakan penyakit yang sama. Tidak semua jenis tumor bersifat kanker. Mari kita bahas perbedaan mengenai 2 penyakit ini

Penjelasan Tentang Tumor

Tumor adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan adanya benjolan pada tubuh yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru. Tumor sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu ada tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor jinak hanya tumbuh pada satu bagian tubuh saja dan tidak menyebar pada organ tubuh lainnya. Sedangkan tumor ganas merupakan jenis tumor yang bisa menyebar ke daerah sekitar tubuh yang lain atau biasa disebut kanker. Ketika tumor jinak diangkat biasanya tidak akan tumbuh kembali, berbeda dengan tumor ganas yang apabila diangkat, ada kemungkinan jaringan kanker tersebut bisa tumbuh kembali atau kambuh.

Adanya benjolan yang ditandai oleh pemebengkakan pada tumor disebabkan oleh inflamasi atau radang dan pertumbuhan yang abnormal di dalam tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, maka semakin beresiko terkena penyakit tumor. Hal tersebut karena ketika seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi mutasi dalam sebuah DNA. Seperti contoh ketika seorang wanita memiliki tumor pada daerah payudara pada usia muda, sekitar usia 21 tahun maka tumor tersebut besar kemungkinannya adalah tumor jinak. Lain halnya ketika seorang wanita di usia 60 mengidapt tumor, maka hal itu besar kemungkinannya adalah tumor ganas.

Tumor disebabkan oleh adanya mutasi DNA yang berada di dalam sel. Dari mutasi tersebut menghasilkan kumpulan beberapa DNA sehingga menyebabkan tumbuhnya sel yang tidak normal. Pada dasarnya sel dalam tubuh kita memiliki mekanisme untuk memperbaiki DNA yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis apabila kerusakan DNA tersebut sudah sangat parah. Apoptosis merupakan proses aktif kematian dari sel yang ditandai oleh pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin dan fragmentasi nukleus beserta sel itu sendiri. Mutasi tersebut mengakibatkan adanya tekanan pada gen dan memicu terjadinya kanker.

Penjelasan Tentang Kanker

Kanker adalah jenis penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel – sel pada jaringan tubuh secara abnormal dan tidak terkendali. Sel tersebut akan terus membelah diri hingga menyebar ke organ tubuh lainnya. Apabila tidak ditangani dengan cepat maka proses pertumbuhan sel kanker bisa sangat cepat dan terus berkembang. Sel kanker ini dapat menyebar melalui pembuluh daran dan pembuluh getah bening kemudian akan tumbuh lagi kanker yang baru pada organ tubuh lain. Kanker ini dapat tumbuh pada semua sel jaringan tubuh mulai dari sel hati, sehl darah, sel otak, sel kulit dan semua jenis dari sel tubuh lainnya.

Pada dasarnya memang orang yang beresiko terkena penyakit kanker ini adalah kalangan lanjut usia atau yang memiliki usia diatas 40 tahun. Namun jangan salah, penyakit kanker ini juga dapat menyerang semua usia baik itu pria ataupun wanita. Ada beberapa tipe kanker yang bisa diturunkan oleh orang tua kepada anaknya ( faktor genetik ). Seperti pada penderita kanker payudara, kanker kolon dan melanoma. Resiko kanker bisa lebih cepat terutama pada orang yang memiliki berat badan berlebih ( obesitas ) , perokok, sering mengonsumsi makanan tidak sehat ( Junk Food ) atau infeksi virus yang menimbulkan mutasi gen sehingga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : Pengobatan Tumor Pankreas yang Sudah Parah

Posted by : AhliTumor.Com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *