Informasi Mengenai Tumor Ganas dan Jinak Pada Otak

Penjelasan Mengenai Tumor Otak

Tumor Otak

Sebenarnya pada ilmu medis mereka tidak mengetahui penyebab pasti tumor otak. Hanya sedikit diketahui faktor risiko yang telah ditetapkan oleh penelitian. Anak-anak yang menerima radiasi ke kepala memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan tumor otak sebagai orang dewasa, seperti orang-orang yang memiliki kondisi genetik tertentu langka seperti Li-Fraumeni sindrom atau neurofibromatosis. Tapi kasus-kasus yang mewakili sebagian kecil dari tumor otak primer baru kira-kira 35,000 didiagnosis setiap tahun. Usia juga merupakan faktor risiko–orang di atas usia 65 didiagnosis dengan kanker otak pada tingkat empat kali lebih tinggi daripada orang-orang muda.

Tumor otak primer adalah salah satu yang berasal dari otak, dan tidak semua tumor otak primer kanker; tumor jinak tidak agresif dan biasanya tidak menyebar ke jaringan sekitarnya, meskipun mereka dapat hidup serius dan bahkan mengancam.

National Cancer Institute memperkirakan akan ada sekitar 23,380 kasus baru kanker otak didiagnosis pada tahun 2014.

Apa itu Tumor?

Tumor adalah massa jaringan yang dibentuk oleh akumulasi dari sel-sel abnormal. Biasanya, sel-sel dalam tubuh Anda usia, mati, dan digantikan oleh sel-sel baru. Dengan kanker dan tumor lainnya, sesuatu yang mengganggu siklus ini. Sel-sel tumor tumbuh, meskipun tubuh tidak membutuhkan mereka, dan tidak seperti sel-sel tua yang normal, mereka tidak mati. Proses ini berlangsung, tumor terus tumbuh lebih dan sel-sel lain ditambahkan ke massa.

Tumor otak primer yang muncul dari berbagai sel-sel yang membentuk otak dan sistem saraf pusat dan diberi nama untuk jenis sel di mana mereka membentuk pertama. Yang paling umum jenis tumor otak orang dewasa adalah glioma dan astrocytic tumor. Ini membentuk tumor dari astrosit dan jenis sel glial yang sel-sel yang membantu menjaga saraf sehat.

Kedua yang paling umum jenis tumor otak orang dewasa adalah meningeal tumor. Ini bentuk meninges, tipis lapisan jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Apa perbedaan antara tumor jinak dan ganas otak?

Tumor jinak otak terserang. Tumor otak primer yang ganas adalah kanker yang berasal di otak, biasanya tumbuh lebih cepat dari tumor jinak dan agresif menyerang jaringan sekitarnya. Meskipun kanker otak jarang menyebar ke organ lain, itu akan menyebar ke bagian lain dari otak dan sistem saraf pusat.

Tumor jinak otak biasanya jelas didefinisikan perbatasan dan biasanya yang tidak berakar dalam jaringan otak. Hal ini membuat mereka lebih mudah untuk menghapus pembedahan, dengan asumsi mereka adalah di daerah otak yang dapat dioperasikan dengan aman pada. Tetapi bahkan setelah mereka telah dihapus, mereka dapat tetap datang kembali, meskipun tumor jinak kurang cenderung kambuh daripada ganas.

Meskipun tumor jinak di bagian lain dari tubuh dapat menyebabkan masalah, mereka tidak umumnya dianggap menjadi masalah kesehatan utama atau menjadi ganas. Tetapi bahkan tumor jinak otak bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Tumor otak merusak sel-sel di sekitar mereka dengan menyebabkan peradangan dan menempatkan tekanan meningkat pada jaringan di bawah dan di sekitarnya serta di dalam tengkorak.

Seperti Apa Gejala Tumor Otak ?

Gejala tumor otak bervariasi sesuai dengan jenis tumor dan area tumor tersebut. Karena berbagai area otak yang mengendalikan berbagai fungsi tubuh, dimana letak tumor mempengaruhi cara gejala dimanifestasikan.

Beberapa tumor tidak memiliki gejala sampai mereka cukup besar dan kemudian menyebabkan penurunan yang serius dan cepat dalam kesehatan. Tumor lain mungkin memiliki gejala yang berkembang perlahan-lahan.

Gejala awal dari tumor otak adalah sakit kepala. Sering kali, mereka tidak menanggapi obat sakit kepala biasa. Perlu diingat bahwa kebanyakan sakit kepala berhubungan dengan tumor otak.

Gejala lain termasuk:

  • Kejang
  • Perubahan dalam pidato atau pendengaran
  • Perubahan dalam visi
  • Masalah keseimbangan
  • Masalah dengan berjalan
  • Mati rasa atau kesemutan di lengan atau kaki
  • Masalah dengan memori
  • Perubahan kepribadian
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
  • Kelemahan di salah satu bagian tubuh

Hal ini penting untuk diingat bahwa gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi yang berbeda. Jangan menganggap Anda memiliki tumor otak hanya karena Anda mengalami beberapa dari yang disebutkan diatas. Periksa dengan dokter Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *