Waspadai Penyakit Tumor Jantung Pada Anak dan Bayi

Ahli Tumor | Pada bayi dan anak-anak jenis yang seirng terjadi dari tumor jantung primer dan bukan bersifat kanker ialah Rhabdomyoma. Ciri khas dari rhabdomyoma ini biasanya bertumbuh dalam dinding jantung dan langsung terbentuk dari sel otot jantung. Rhabdomyoma biasanya terbentuk pada selama bayi atau masa kanak-kanak, seringkali sebagai bagian dari penyakit langka disebut sebagai tuberous sclerosis.

Penyakit Tumor Jantung Pada Anak dan Bayi – Kedua yang paling umum dari tumor primer yang bersifat bukan kanker pada bayi dan anak-anak ialah Fibromas. Ciri dari Fibromas ini terjadi sebagai tumor tunggal, biasanya tumbuh pada klep jantung dan terbentuk dari sel jaringan serat jantung. Beberapa jenis lain dari tumor jantung primer bisa terjadi, tapi semuanya jarang. Beberapa bersifat kanker dan beberapa bersifat bukan kanker.

Penyebab Penyakit Tumor Jantung Pada Anak dan Bayi

tumor jantung anak

Memang sangat menyedihkan jika mengetahui anak yang baru lahir namun sudah divonis memiliki kelainan jantung atau sakit jantung seperti tumor jantung ini. Salah satu penyebab dari tumor jantung pada anak dan bayi baru lahir bisa karena faktor genetika atau faktor bawaan. Faktor bawaan inilah yang menyebabkan bayi lahir dalam keadaan sakit atau kelainan jantung.

Secara akurat, penyebab penyakit tumor jantung pada anak dan bayi baru lahir masih belum diketahui, namun bisa dipastikan dua hal penyebab bayi mengidap sakit jantung ini yang paling awal adalah faktor keturunan. Faktor keturunan maksudnya ayah atau ibu pernah mengalami kelainan jantung bisa juga dari kakek atau nenek.

Faktor yang kedua ialah dari kebiasaan hidup orang tua selama bayi dalam kandungan. misalnya kebiasaan merokok, alkohol, obat-obatan, karena itulah penting bagi orang tua agar berprilaku sehat baik itu dalam proses kehamilan maupun dalam sehari-hari.

Pengobatan Tumor Jantung Pada Anak dan Bayi

pengobatan tumor jantung pada bayi

Pada sekitar setengah dari kelahiran yang anak yang mengalami rhabdomyomas yang bersifat bukan kanker, tumor akan mengecil tanpa pengobatan. dan setengah lainnya tumor tidak tumbuh lebih besar dan tidak membutuhkan pengobatan. Pada bayi dan anak-anak, fibroma bisa berhasil diangkaat jika tidak mempengaruhi dinding jantung yang biasanya mempengaruhi system konduksi listrik pada jantun anak dan tidak bisa diangkat dengan operasi. Anak yang menderita tumor jenis ini biasanya meninggal pada detak jantung yang tidak normal pada usia dini. Jika fibroma berhasil membesar, aliran darah akan tersumbat dan akan berkembang disekeliling jaringan, transplantasi jantung pun perlu dilakukan.

Sekilas Mengenai Tumor Jantung pada Anak dan Bayi. Semoga bisa menambah wawasan kita terhadap suatu penyakit, khususnya untuk calon ibu agar benar-benar memperhatikan kesehatan kandungannya agar ibu dan bayi lahir dalam keadaan sehat wal’afiat. Termikasih Salam sehat:))

Kunjungi juga : Obat Herbal Tumor Jantung Jinak dan Ganas Yang Berkhasiat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *