Waspadai Tumor Kulit Bisa Menjadi Penyakit Kanker

Ahli Tumor – Salah satu jenis kanker yang harus diwaspadai ialah kanker kulit. Pada umunya kanker ini disebabkan oleh paparan sinar matahari pada kulit dalam waktu yang lama dan tidak dengan menggunakan sanblock, terkena sinar radiasi atau sinar X yang berlebihan, faktor genetik, mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat, dan kanker kulit pada bagian kelamin manusia disebabkan oleh virus.

kanker kulit

Menurut Edwin Tanihaha salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin dari siloam Hospitals Simatupang, awal terjadinya kanker kulit itu berasal dari tumor kulit. Tumor merupakan suatu pertumbuhan sel yang abnormal. Jika tidak segera diobati atau ditangani, sel tersebut akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kanker kulit. Itulah sebabnya, anda perlu mengetahui gejala-gejala dari kanker kulit seperti :
– Bercak menonjol yang berwarna gelap, seperti cokelat tua sampai hitam
– Tepi kulit yang tidak rata
– Keluhan gatal atau nyeri yang bisa berdarah karena luka
Tingkat sembuh para penderita kanker kulit tergantung pada stadium dan jenis keganasan kanker kulit tersebut. Lanjutnya dr. Edwin juga menambahkan bahwa ada 3 jenis kanker kulit yang penting untuk diketahui.

1. Basal cell carcinoma
Jenis kanker kulit yang sering ditemukan pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti leher atau wajah dan juga merupakan jenis kanker kulit yang sering ditemukan.

2. Squamous cell carcinoma
Jenis kanker kulit yang hampir sama dengan yang pertama, dan bisa ditemukan di bagian tubuh seperti wajah, telinga dan juga tangan. Orang yang memiliki kulit lebih gelap bisa lebih mudah mengembangkan squamous cell carcinoma dalam tubuhnya.

3. Melanoma
Jenis kanker kulit melanoma bisa terjadi di bagian tubuh manusia, dan berbeda dengan kedua jenis kanker kulit sebelumnya, karena faktor resikonya tidak hanya karena sinar matahari, tetapi bisa datang dari berbagai faktor resiko lainnya. Jika melanoma terjadi pada penderita yang memiliki kulit warna gelap, maka bisa diidentifikasikan dari telapak tangan, telapak kaki, atau bawah kuku tangan dan kuku kaki.

Segera lakukan pemeriksaan jika anda sudah menemukan beberapa gejala kanker kulit sehingga bisa melakukan pencegahan dan terapi sedini mungkin untuk mematikan sel-sel kanker kulit. Semoga Bermanfaat:))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *